Friday, June 18, 2010

Arti sebuah Maaf

Maaf, mungkin kata yang simple namun juga berat. Tergantung siapa yang akan berbicara. Bila kita tidak terbiasa mengucapkan kata itu mungkin akan sulit sekali mengucapkan kata itu.

sering orang sulit mengucapkan kata "maaf" mana kala dia berbuat salah. Apata lagi jika maaf itu tulus. Rasanya jarang dan sulit ada orang yang mampu mengucapkan kata maaf dengan tulus. Jika ingin tahu ketulusan maaf dari seseorang pandanglah matanya maka akan terlihat tidak atau tulusnya maaf orang tersebut.

banyak alasan kenapa orang malas mengakui kesalahan dan mengucapkan kata maaf. Bisa jadi si mpunya salah mempunyai kedudukan yang tinggi, merasa paling terhormat, merasa paling benar dll.

Terlepas dari itu semua, kepribadian tersebut mencerminkan bahwa diri orang tersebut adalah sombong. Padahal Allah tidak menginginkan manusia yang sombong.

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung

(Al-Isra : 37)

Hati-hatilah. Karena secara tidak langsung sifat ini menempel pada diri kita secara tidak langsung.

Namun terkadang ada pula orang yang dengan mudahnya mengucapkan kata maaf. Baginya kata "maaf" layaknya sebuah Lipstik pemanis bibir.

Maka sikap kita hendaknya Ucapkanlah kata maaf dengan tulus.
Jujurlah dan akuilah kesalahan kita manakala kita berbuat salah, meskipun pangkat kita lebih tinggi kedudukan kita lebih tinggi karena itu semua tidak bernilai di mata Allah
Yang bernilai di mata Allah hanyalah nilai Taqwa seseorang dan bukan yang menempel pada dirinya.

semoga Allah berkenan membimbing dan menjaga kita semua amien

0 komentar:

Post a Comment