Friday, October 21, 2011

Goreng nasi atau singkong?

Suatu hari ketika saya bertamu di rumah kawan, saya di suguhkan makanan yang menurut saya lain dari biasanya. Singkong Goreng. Lho? dimana lainnya? sabar....sabar....singkong goreng ini memang lain dari yang lain. Ketika saya lihat di atas piring..ada sepiring singkong yang ada hitam-hitam diatasnya. Setelah saya perhatikan ternyata hitam-hitam tadi adalah dari potongan bawang merah yang di ulek dan di goreng...wuih...pantesan rasanya gurih. Belum lagi campuran ketumbar diatasnya menambah rasa gurihnya. 
Selidik punya selidik ternyata cara mengolah singkong tadi tidak ubahnya seperti menggoreng nasi. Bumbunya pun tidak rumit. Hanya bumbu yang saya terang kan di atas. Yaitu bawang merah, ketumbar, garam dan sedikit minyak. Cara mengolahnya tak ubahnya seperti memasak nasi. Tumis bumbu dengan sedikit minyak..setelah agak harum masukan singkong tadi. kemudian aduk-aduk hingga rata. 

Masakan ini di ilhami dari kawan yang saat itu memang sedang tidak memiliki banyak minyak. Alhasil...meski demikian cita rasa yang di timbulkan wuih.....gurih.

0 komentar:

Post a Comment